IDN · Mikrotik · Networking · Pesantren mengajar · Pesantren Networkers

Pesantren Mengajar – SMK 4 Kendal

Bismillah Setelah selesai  Pesantren Mengajar – SMK 6 Balikpapan selanjutnya saya ngisi training pesantren mengajar di SMK 4 Kendal. Oke, Gimana ngajar disana? ini training seperti biasa Kalau ditanya saya yang mana, itu loh saya yaang depan. Karena perbedaan kelas, jadi yang duduk disebelah kiri ini adalah anak kelas 1 dan kelas 2, jadi terkadang… Lanjutkan membaca Pesantren Mengajar – SMK 4 Kendal

IDN · Me · Networking · Pesantren mengajar · Pesantren Networkers

Pesantren Mengajar – SMK 6 Balikpapan

Bismillah kali ini saya nggak bahas tentang lab mikrotik, tapi saya mau sharing pengalaman menjadi trainer pesantren mengajar. oke, yang pertama tempat saya menjadi trainer adalah SMK 6 balikpapan. Oke, sedikit cerita bahwa saya sebenarnya berasal dari samarinda. jadi untuk pesantren mengajar pertama saya ngambil di Balikpapan, selain karena pengen pulang ke samarinda hehehe (samarinda… Lanjutkan membaca Pesantren Mengajar – SMK 6 Balikpapan

IDN · Mikrotik · Networking · Pesantren Networkers

Bootcamp MTCINE – Sharing pengalaman

Bismillah Bootcamp MTCINE tanggal 5 sampai 10 desember. Sebelumnya saya mau berterima kasih kepada Pak Dedi yang mengijinkan saya dan teman teman untuk mengikuti Bootcamp MTCINE 2016 ini. Oke, Bootcamp MTCINE kali ini diadakan di Dago Highland tepatnya di bandung. Ni foto pembukaan MTCINE bootcamp di IDN. Mungkin anda berfikir suasanya tegang karena tempatnya formal… Lanjutkan membaca Bootcamp MTCINE – Sharing pengalaman

IDN · LAB · Mikrotik · Networking · Pesantren Networkers

Lab 36. BGP Confederation

Bismillah BGP Confederation ini fungsinya sama seperti route reflector yaitu untuk mengatasi jaringan iBGP yang harus full mesh. mas, jadi nanti bisa pilih salah satu? bisa pakai RR ( Route Reflector) atau BGP confederation?  iya. jadi nanti sesuai kebutuhan. kalau RR akan menentukan salah satu router menjadi router utama maka pada BGP conferation ini beda… Lanjutkan membaca Lab 36. BGP Confederation

IDN · LAB · Mikrotik · Networking · Pesantren Networkers · Tak Berkategori

Lab 32. ECMP load balance – skenario 2

Bismillah Kita lanjut tentang masih tentang ECMP load balance nih. kok load balance lagi? biar lebih paham nanti kita akan lab kan load balance ini lebih buaanyak skenario. hehehe. di  skenario 2 ini yang membedakan adalah pada tujuan dari lab ini. jika pada lab 31 hanya menjadikan load balance maka disini kita menjadikan router laod… Lanjutkan membaca Lab 32. ECMP load balance – skenario 2

IDN · LAB · Mikrotik · Networking · Pesantren Networkers · Tak Berkategori

Lab 31. ECMP load balance – skenario 1

Bismillah kali ini kita akan berganti ke materi ECMP load balance whahaha whahaa (maksudnya sih tawa jahat) , pertama kita pahami dulu apa itu ECMP, ECMP atau Equal Cost MultiPath adalah sebutan untuk konfigurasi yang akan membuat jaringan yang memiliki rute lebih daru satu. Nah, kalo load balance itu maksudnya jaringan akan dibagi menjadi balance… Lanjutkan membaca Lab 31. ECMP load balance – skenario 1

IDN · LAB · Mikrotik · Networking · Pesantren Networkers

Lab 30. Firewall ( Menghemat resource mikrotik)

Bismillah Masih pada firewall filter tapi kali ini fungsi nya sedikit lebih berbeda dari firewall biasanya. emang fungsinya apa mas?  Fungsinya adalah mengurasi beban yang harus ditanganin oleh router. Beberapa RB mikrotik sebenarnya memiliki resource yang cukup besar namun semangkin besar kebutuhan akan router tersebut maka akan membuat semangkin dibutuhkannya resource yang besar.